--> 3 Perlakuan Blog yang Bikin Trafik Pengunjung Turun di Blog Cak Mustop (Sangat Berbahaya)
Home Blog

CakMustop- Hanya sekedar pengalaman, bahwa kita perlu merasakan kekecewaan didalam mendalami suatu bidang, salah satunya adalah bidang ngeblog ini.


Bagi pemula seperti Cak Mustop ini kadang berpikir dengan terus menulis artikel original tidak mencoba plagiat dari blog lain akan membuat tranding blog semakin hari-semakin baik.

Namun nyatanya tidak seperti itu. Awal menulis, selalu kepikiran buat menulis konten yang sering di cari oleh khalayak umum, sehingga secara tidak sadar saya menulis beberapa artikel yang tidak sesuai dengan TOS adsense.

Karena awal ngeblog hanya ingin menyimpan informasi penting di blog, makanya soal konten tidak terpikir untuk mempelajari TOS adsense. Diterima adsense juga Cak Mustop tidak menyangkanya, Coba daftarin dan beberapa hari review langsung diterima.

Belajar adsense juga otodidak tidak ada kawan yang bisa ditanyai selain dari Google dan Fanspage Adsense Sceret Indonesia

Baca Juga: 8 Grup Fanpage yang Harus Kalian Ikuti Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Blog, Adsense, dan Youtube

Wal hasil berkat diterima adsense, saya belajar mendalami didalam bidang ini. Di dukung suka menulis dan suka mengelola blog. selain itu juga saya suka mempelajari hal-hal baru misalkan soal SEO penasaran dengan apa yang terjadi bila blog Cak Mustop ini terus menulis artikel bertahun-tahun dan sebagainya.

Namun hampir satu tahun mengelola blog Cak Mustop ini, ada suatu pelajaran berharga yang bisa saya ambil yaitu terkait trafik blog. Sebenarnya saya sempat bingung kenapa dulu hampir 1000 viwer blog kini kok turun menjadi 100 an viewer tiap harinya.

Awalnya saya biarkan saja, mungkin itu perlakuan yang biasa dari pihak google, yaitu menurunkan dan menaikkan keyword pencarian di suatu blog. Artikel-artikel saya yang dulu tiap hari banyak yang klik ternyata hari ini sama sekali tidak ada yang klik, dari sinila saya mulai berpikir bahwa ada perlakuan yang salah terhadap blog Cak Mustop ini.

Penyebab Trafik Blog Menurun di Blog Cak Mustop Ini

Usut demi usut wal hasil ada beberapa poin yang menyebabkan trafik pengunjung semakin turun, yaitu:

1. Pencurian Artikel (Plagiarisme)

Hampir 80% artikel blog di Cak Mustop di copy paste oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan hal ini yang membikin down trafik dari blog ini.

Saya baru menyadari bahwa ada dua atau lebih blog yang memiliki artikel dengan judul, isi, dan gambar sama seperti blog ini, hal itu dimata google sangat buruk, akibatnya keyword-keyword tertentu yang seharusnya mengarah ke artikel tersebut dihilangkan dan berimbas pada jumlah pengunjung blog menurun.

Sampai saat ini Cak Mustop mencatat ada 3 blog yang men-copy paste hampir keseluruhan artikel, yaitu:
  1. dwnldankita.blogspot.com
  2. lubukcara.blogspot.com
  3. layarkancaind.blogspot.com

Mereka meng-copy paste dengan cara AGC (Auto General Content), dikiranya dengan perbuatan itu blog mereka akan baik, padahal tidak. Blog yang contennya banyak copy paste tidak akan bisa di adsenskan dan ini hanya akan membuat lelah bermain blog.

Biasanya mereka merubah tanggal upload konten tersebut untuk mengakali. dikira bisa mengalahkan artikel pertama dengan membuat tanggal artikel lebih lama, tapi faktaya sampai sekarang bila saya tulis judul dari artikel yang di copas yang muncul pertama masih blog Cak Mustop ini. 

Namun perbuatan copy-paste artikel ini sangat merugikan bagi blog yang di copas. Pasalnya google akan mengindikasi bahwa beberapa blog yang memiliki artikel sama persisi itu bisa di cap blog yang tidak sehat, trafik blog akan turun perlahan-lahan tapi pasti.

2. Ganti Template

Selanjutnya, yang mempengaruhi trafik blog menurun adalah karena aktifitas ganti template.

Saat ini Cak Mustop memutuskan ganti template dengan alasan lebih responsif dan penempatan iklan lebih pas tidak melanggar TOS pemasangan iklan adsense. Namun katanya dengan ganti template ini akan mengedownkan trafik pengunjung

Entah karena ganti template atau karena banyak artikel yang di curi atau bisa juga kombinasi keduanya, intinya hari ini blog Cak Mustop trafik pengunjung sangat turun drastis.

Ditimbang dari pengalaman para pemblogger lain, katanya memang ganti template itu bisa menyebabkan trfik menurun untuk beberapa bulan saja, seiring dengan terus update artikel baru, maka perlahan-lahan trafik blog akan naik dengan sendirinya.

Kata mereka, perubahan template artinya merubah struktur data keseluruhan blog, yang sebelumnya terindeks oleh google adalah template lama. Untuk itu perlu penyesuaiaan terlebih dahulu sebelum google benar-benar mengindeks template yang baru tersebut

3. Hapus Artikel

Perlakuan yang ketiga dari blog Cak Mustop ini adalah menghapus artikel, ada sekitar 30 artikel lebih saya hapus. Alasannya saya kira artikel-artikel tersebut bisa dipermasalahkan oleh google adsense.

Pasalnya artikel tersebut mengandung cara download dari situs ilegal, hal ini bertentangan dengan TOS adsense. Karena cari aman maka saya putuskan untuk menghapus artikel tersebut.

Baca Juga : Alasan Memutuskan Menghapus Beberapa Artikel di Blog Cak Mustop

Sebab menghapus artikel ini ternyata sangat mempengaruhi trafik pengunjung di blog Cak Mustop, pasalnya artikel-artikel yang saya hapus merupakan artikel yang paling banyak pengunjungnya setiap hari. Pastinya berat banget, namun demi keamanan akun google adsese saya harus merelakannya.

Karena seiring dengan banyaknya artikel yang saya muat di blog Cak Mustop ini, pastinya trafik pengunjung akan naik walaupun sedikit demi sedikit.

Terus Bagaimana Solusinya Bila Blog sudah dalam Keadaan Buruk?

Ada beberapa perlakuan yang bisa membuat blog kita membaik dan tiap masalah yang dihadapi pastinya memiliki solusi yang berbeda

Mengatasi Trafik Pengunjung Turun Sebab Artikel di Curi Orang

Sudah banyak para pemblogger yang mengeluh dengan aktivitas pencurian artikel ini, sebab sudah terbukti bahwa perlakuan ini bisa menurunkan trafik blog hingga 90%. Nah caranya gimana bial artikel kita terlanjur di copas blog lain.

1. Lapor DMCA

Sangat dianjurkan bagi kaian apabila mengetahui artikel blog di curi dengan cara melapor ke pihak DMCA. Namun sebelum itu alangkah baiknya bila kalian menghubungi pihak pemiliki pencuri artikel tersebut kemudian minta supaya artikel tersebut untuk dihapus.

Namun bila ternyata mereka tidak merespon, langsung saja laporkan ke pihak DMCA.

Untuk mengisi laporannya kalian bisa klik tautan berikut https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice

2. Bila Blog Pencuri Terhubung Adsense, Laporkan Juga ke Pihak Adsense

Untuk mengurangi rasa jera bagi pencuri, bisa saja dengan melaporkan ke pihak adsense. Nah efek bagi si blog pencuri tersebut, bisa-bisa blognya akan diberhentikan dari sistem adsense.

3. Ganti Artikel yang di Copas dengan Artikel Baru

Solusi ketiga adalah bisa dengan cara menulis ulang artikel yang di copas tersebut dengan gaya baru, Kalau perlu di tambah tulisan baru masih dalam satu topik bahasan.

Logikanya google merupakan mesin, cara indeksnya pun juga menggunakan perhitungan algoritma, bila kita update kembali tulisan tersebut, skripnya pun akan berubah, hal ini pastinya merubah cara pandang penilaiaan google terhadap blog kita, perlahan tapi pasti.

4. Kuatkan Pertahan Blog Supaya tidak di Bobol lagi

Kuatkan kembali pertehanan blog, dengan cara memasang skrip anti copas. Banyak tersedia skrip anti copas di luar sana, kalian hanya perlu tulis keywordnya saja di google lalu nanti akan berjibun blog membahas anti copas ini.

Selain anti copas, daftarkan blog kalian ke dmca. Singkat pengaturan RSS feed blog dan gunakan feedburner.google.com, hal ini bisa mencegah terjadinya AGC (Auto General Content) terhadap blog.

Walaupun sebenarnya tidak ada keamanan yang benar-benar aman, tapi berusaha agar blog susah di copas atau di AGC pastinya lebih baik. untuk lebih dalam mengetahui terkait pembahasan plagiarisme ini kalian bisa membaca artikel saya dibawah ini.

Baca Juga: Protect Blog : Cara Melindungi Konten Blog dari Plagiarisme

5. Rutin Cek Artikel dengan Cara Ketik Judul Artikel Blog di Google Pencarian

Terakhir, seminggu sekali coba selalu cek kembali apakah artikel di blog di curi lagi. Fungsinya supaya kalian cepat tanggap melaporkan tindakan copas tersebut ke pihak DMCA, sebelum terlambat, sebelum google mengindeks bahwa artikel tersebut telah di duplikat dan menjadi buruk dimatanya.

6. Jangan Lupa Setiap Membuat Artikel Baru Selipkan Nama Blog Kalian

Biasanya setelah melaporkan ke pihak DMCA kalian akan dapat balasana email, baik di terima atau tidak. Kalau alasan kalian belum kuat biasanya mereka masih meragukan hal tersebut. Nah argumentasikan setiap artikel yang ditulis dengan kata nama blog kalian yang tercantum di artikel misalkan saja, artikel tarkait ini miliki Cak Mustop. sedang Cak Mustop merupakan nama dari blog ini.

Mengatasi Trafik Pengunjung Turun Sebab Ganti Template Blog

Pilihlah template terbaik, uji coba lebih dahulu di blog lain untuk mengetahui apakah tamplate blog tersebut baik atau tidak, secara pengaturan, responsiv gambar, tata letak widgate dan lainnya. Jangan lupa untuk mengukur kecepatan di google pagespeed untuk membandingkan lebih baik mana antara template blog yang lama atau yang baru.

Nah di atas merupakan sebagian tips cara memilih blog yang baik.

Sudah menjadi hal umum bila setelah ganti template blog trafik pengunjung menurun, solusinya:

1. Dengan Memperbanyak Tulisan

Ini Penting, untuk mempercepat pengindeks-an google. Ada yang mengatakan bahwa rentan waktu menulis rutin tiap hari harus di jalani selama 3 bulan, baru kemudian trafik pengunjung akan kembali normal lagi.

Itu bila kasusnya hanya ganti template baru saja, namun bila kasusunya seperti yang dialami Cak Mustop ini saya kurang paham, samapai berapa bulan trafik blog akan setabil.

2. Masukan Kembali Skrip/ Kode Penting Ke Template Blog Baru

Sebelum kalian mengganti template blog, catat terlebih dahulu skrip/ kode yang penting untuk ditanamkan ke template blog, seperti misalnya skrip kode iklan adsense, kode webmaster, kode google analitic dan lainnya.

Mengatasi Trafik Pengunjung Turun Sebab Menghapus Artikel.

Penghapus lebih 30 artikel di blog Cak Mustop ini merupakan kesalahan, saya dulu terlalu cepat mengambil keputusan tersebut. Wal hasil trafik blog benar benar down. Namun keputusan ini menjadi pembelajaran baru buat saya. Pasalnya dengan menghapus artikel blog saya menjadi memiliki ide, tidak perlu dihapus bila konten artikel bertentangan dengan google adsense.

Pentingnya url artikel yang terindeks google inilah menjadi eman bila di hapus, karena bila di hapus link url tersebut akan menjadi eror, semakin banyak link eror di blog semakin tidak baik dimata google. terus bagaiamana bila kita terlanjur menghapus artikel didalam blog?

1. Dengan Menghapus URL Artikel di Webmaster

Dengan menghapus url artikel di webmaster diharapkan google tidak akan mengindeks beberapa keyword yang mengarah ke artikel tersebut. URL yang mati atau tidak berisi artikel itu akan mempengaruhi performa blog, maka dari itu url artikel yang terindeks perlu di hapus dengan cara menghapusnya di google webmaster.

Caranya:

  • kalian masuk ke dasbor webmaster lama 
  • kemudian klik indeks google
  • klik hapus url
  • klik sembunyikan sementara
  • salin url yang telah di hapus ke kolom 
  • kemudian klik terus 
  • klik kirim permintaan

Dengan cara di atas url artikel yang terapus perlahan-lahan akan hilang dari pengindeks-an google

2. Pencegahan dari Penghapusan dengan Cara Menulis Ulang 

Yang kedua, bila mana kalian ingin mengapus artikel karena takut artikel tersebut melanggar TOS Adsense, saya sarankan untuk mengubah redaksi saja misalkan menghilangkan kata yang dilarang, atau rubahlah topik seluruhnya dari mulai judul sampai isi bila memang seluruh artikel ternyata menjelaskan topik yang dilarang oleh google.

Intinya biarkan url artikel terindeks oleh google, namun isi dan maksud dari artikel tersebut kita rubah 

Tetapi setelah artikel selesai di ubah, kalian harus cepat mengindeks kan lagi ke google webaster supaya skrip baru cepat di indek.

Sekian, semoga artikel tentang 3 Perlakuan Blog yang Bikin Trafik Pengunjung Turun di Blog Cak Mustop (Sangat Berbahaya) bisa bermanfaat.

Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top