--> Contoh Teks MC atau Pembawa Acara dalam Bahasa Jawa
Home Tips Berbagi

CakMustop- dalam suatu acara sudah tidak bisa dipungkiri bahwa peran seorang MC atau pembawa acara sangatlah penting. Kita tahu bahwa hampir semua acara formal semisal seminar kita butuh seorang pembawa acara.


Maka dari itu perlu kiranya panitia acara harus mempersiapkan hal ini dengan matang, siapa kira-kira yang akan menjadi MC dalam suatu acara tersebut.

Untuk menyiapkan hal yang tidak diinginkan semisal kalian di tunjuk menjadi MC atau pembawa acara kalian harus benar-benar menyiapkannya, apa yang harus dikatakan dari tiap sesi acara. maka dari itu mengetahui teks pembawa acara secara dasar harus kalian miliki.

Kali ini Cak Mustop ingin berbagi terkait teks pembawa acara dalam bahasa jawa. Menguasai bahasa jawa itu penting bila kita tinggal di lingkungan orang jawa, akan lebih sopan bila bila kita disuruh menjadi pembawa acara pengajian dengan menggunakan bahasa jawa.

Apa Saja yang Harus di Siapkan Untuk Menjadi Pembawa Acara yang Baik?

Kenali Acara, ini penting buat mempersiapkan hal yang perlu di kuasai atau di catat, misalkan acara pengajian, sebagai pembawa acara harus mengetahui nama ustadz yang mengisi, mengetahui nama para tamu undangan penting, bial ada beberapa orang yang perlu tampil di acara tersebut juga perlu di catat namanya

Jangan Tegang, hindari suasana yang bisa bikin tegang, cobalah bersifat cair dengan membawa acara sesuai passion kalian, jangan takut dengan kesalahan, cobalah mengartikan salah adalah hal biasa, yang siapapun pantas melakukannya.

Bersifat Membaur, dengan bersifat membaur diharapkan kita juga bisa berkomunikasi dengan peserta, minimal komunikasi satu arah yaitu membuat peserta bisa tertawa maupun tersenyum

Contoh Teks Pembawa Acara Bahasa Jawa

Peda umumnya suatu yang di sampaikan dengan bahasa jawa misalkan pengajian terdiri dari

1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-Quran
3. Sambutan
4. Pengajian (mauidhoh hasanah)
5. doa
6. penutup

Nah dari rangkaian susunan itulah di sela-sela acara, si MC harus angkat bicara:

Teks Pembawa Acara 

Pembukaan

Ucapkan salam sebagai pembuka pertama kali

Assalamualaikum Wr Wb.

Setelah salam lanjutkan dengan ucapan pembuka berupa sholawat

Ada beberapa pilihan kalimat sholawat pembuka berbahasa arab, bila kalian tertarik untuk memilih silahkan klik disini, atau bisa juga pakai yang sudah kaliah hafal. Misalkan kalimat sholawat pembuka itu seperti di bawah ini


Setelah itu lanjut ke teks di bawah ini

wonten ngersanipun poro alim, poro ulama, poro kiai, sesepuh pini sepuh, ingkang tansah kito mulya aken, wabil khusu panjenenganipun romo Yai Sebutkan Nama Tokoh saking Sebutkan Asal Daerah ingkang kito carleng barokah doa soho fatwa ilmu nipun

Wonteng ngarsa nipun romo yai Sebutkan Nama Tokoh  selaku pengasuh Nama Pondok Yang di Asuh, ingkang kito hormati lan kito mulya aken

Wonteng ngarsa nipun romo yai Sebutkan Nama Tokoh  romo yai Sebutkan Nama Tokoh, romo yai Sebutkan Nama Tokoh, lan romo yai sanesipun, ingkang kito hormati lan kito mulya aken

Poro bapak poro ibu, pemuda-pemudi, muslimin-muslimat, hadirin hadirot rohimakumullah.

Alhadulillah ing dalu meniko (sesuaikan dengan waktunya) kito sedoyo dipun kersaaken dining Allah subhanahu wataala saget menghaturi pengajian rutin salapanan dalu minggu wage (ubah sesuai dengan nama acara) wonten ing meniko masjid (ubah sesuai dengan tempatnya) kanti sehat wal afiat mboten wonten halangan punopo-punopo.

Mugi-mugi hadiripun kito sedoyo wonteng ing meniko masjid, kecatet dados amal sholih, ungkang manfaati wonten ing ndunyo dumugi dateng akhirat. sholawat soho salam ipun Allah mugi katetepaken dumateng junjungan kito nabi agung Muhammad  Saw.

Mugi-mugi kito sedoyo kagolong umat ipun ingkang mbenjang angsal safaatipun wonten ing yaumil qiyamah amin-amin yarobbal alamin.

Poro rawuh samudayanipun kawulo lenggah wonten mriki minongko pembagi wekdal bade maosaken susunan acara ingkang bade kito lampahi wonten ing dalu meniko (sesuaikan waktunya)

Membacakan Susunan Acara

ingging puniko setunggal pambuko, 
kaping kalih tilawatil Quraan ingkang dipun rangkai kalian lantunan sholawat nabi
kaping tigo sambutan
kaping sekawan mauidhotul hasanah kalih doa penutup

Mekatenlah susunan acara ingkang bade kito lampahi wonten ing dalu meniko, poro rawuh samudayanipun, keranten wekdal ingkang sampun dalu monggo sareng-sareng acara kito buko kanti wahosan ummul kitab.

Al-fatihah...

Mugi-mugi kanti wahosan al-fatihah meniko acara dipun paringi kelancaran lan keberkahanipun Allah SWT, poro rawuh samudayanipun 

Masuk Pembacaan Acara Kedua

Acara selajengipun inggih puniko tilawatil quran ingkang dipun rampil kalian lantunan sholawat nabi ingkan pundi wonten dalu meniko, bade dipun lantunaken dening Ustdadz ... (sebutkan nama orang atau tim yang tampil)

Dumateng panjenenganipun kawulo sumanggaaken...

Mekaten kolo wahu wahoasan tilawatil Quran kalian lantunan sholawat nabi, mugi-mugi saget nambah lancar ipun acara wonten dalu meniko. 

Masuk Acara yang Ketiga

Selajeng ipun acara kaping tigo inggih puniko sambutan-sambutan, dumateng panjenenganipun bapak ... (orang yang memberi sambutan) kawulo sumonggoakan. 

Mekaten puniko sambutan sangking bapak ... 

Masuk Acara yang ke Empat

Acara selajengipun inggih puniko mauidhotul hasanah ingkang dipun lanjutaken sekalian doa penutup, dumateng Kiai ... (nama kiai yang menjadi mauidhotul hasanah) kawulo sumanggaaken

Pembacaan Kalimat Penutup Acara

Alhamdulillah Acara demi acara sampun kito sedoyo lampahi, kawulo teng mriki dados prawoto acara bilih wonten kekirangan kawulo nyuwun agung ipun pengapunten,

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Kesimpulan

Begitulah contoh teks MC atau pembawa acara dalam bahasa jawa, bila kalian ingin menggunakan teks tersebut, saya sarankan untuk dikoreksi kembali ke orang yang lebih ahli karena mungkin teks tersebut masih banyak kekurangan.

Terakhir tips dari saya, bilamana kalian  ditunjuk menjadi MC atau pembawa acara saya berpesan, bila memang pemahaman kalian sangat jauh terhadap bahasa jawa, saya sarankan saja menggunakan bahasa indonesia saja yang lebih mudah dipahami.

Sekian semoga artikel tentang Contoh Teks MC atau Pembawa Acara dalam Bahasa Jawa bisa bermanfaat.



Baca juga :

1 comment

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

to Top