--> Julukan Nabi Ibrahim yang Perlu Kalian Ketahui, Termasuk Khalilullah, Abul Anbiya, dan Abu Dhaifan
Home Artikel

CakMustop- Nabi Ibrahim merupakan salah satu dari 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui.


Sedikit Biografi Nabi Ibrahim

Sedikit biografi terkait Nabi Ibrahim, beliau lahir di Kawthariyah, sebuah daerah yang dekat dengan Urr dan Babilonia.

Pada waktu itu di daerah tersebut dipimpin oleh seorang raja bernama Namrud. Pada waktu itu sang peramal raja memberitahu apabila pada zaman Raja Namrud akan terlahir seorang bayi yang akan mengakhiri eranya.

Karena sebab itu ibu Nabi Ibrahim membawa Nabi Ibrahim ke gua, untuk menyelamatkan diri dari ancaman pembunuhan bayi secara masal yang dilakukan sang raja.

Ibrahim kecil tumbuh sebagai anak yang cerdas. Hal inilah yang memicu beliau terus merenung mencari Tuhan yang sebenarnya. Pada kala itu masyarakat banyak menuhankan mahluk, misal bintang, matahari, bulan dan Raja Namrud sendiri.

Ketika Nabi Ibrahim menginjak usia muda, ia menghancurkan berhala-berhala yang menjadi sesembahan penduduk Babilonia dengan bertepatan adanya perayaan musim semi oleh Raja Namrud

Karena ulah Nabi Ibrahim tersebut, Raja Namrud menjadi geram dan menghukum Nabi Ibrahim di bakar secara hidup-hidup. Namun kita mengetahui bahwa Nabi Ibrahim bisa selamat dari api yang membara tersebut.

Nabi Ibrahim merupakan seorang yang dermawan. Sering memperlakukan tamunya dengan baik, dengan menyajikan hidangan yang paling nikmat. Suka menyisihkan harta untuk diberika kepada fakir miskin. Demikianlah Nabi Ibrahim dicintai kaumnya.

Nabi Ibramin juga seorang Nabi yang sangat sabar menerima cobaan dari Allah. Ketika Allah memerintahkan Beliau menyembelih putranya yaitu Nabi Ismail, dengan tanpa ragu beliau menjalankan perintah Allah tersebut.

Namun kita tahu bahwa pada akhirnya Nabi Ismail diganti oleh Allah dengan seekor domba. Dan dari peristiwa ini terlahirlah yang namanya hari raya kurban. Dimana umat muslim sedunia menyembelih hewan kurban untuk dibagikan ke fakir miskin.

Julukan Nabi Ibrahim yang Perlu Kalian Ketahui

Nabi Ibrahim memiliki banyak julukan yang mashur. Membuktikan bahwa Beliau merupakan Nabi dan seorang Rasul yang pantas menerima gelar tersebut karenan beberapa sebab. Apa saja gelar tersebut?

1. Khalillullah

Pertama, Nabi Ibrahim memiliki julukan Khalillullah yang berarti keksaih Allah. Nabi Ibrahim patuh dan tunduk dengan segala perintah Allah meskipun perintah itu diluar nalar dan melawan perasaannya.

Selain itu Nabi Ibrahim selalu bergantung kepada Allah yang membuat beliau merasa aman dan tidak resah dalam menghadapi segala ujian.

2. Abul Anbiya

Kedua Nabi Ibrahim memiliki julukan Abul Anbiya berarti bapak dari para nabi. Banyak para nabi dan Rasul berasal dari keturunan Nabi Ibrahim

3. Abu Dhoifan

Kemudian ketiga adalah memiliki julukan Abu Dhoifan, memiliki arti bapak para tamu. Julukan ini sangat mencerminkan pribadi beliau, karena Nabi Ibrahim adalah orang yang paling menghormati tamunya.

Setiap kali ada tamu yang berkunjung ke rumahnya, beliau selalu memberikan jamuan yang sangat banyak dan melimpah.

4. Abu Tauhid

Abu Tauhid berarti bapak agama tauhid. Julukan ini sesuai dengan Nabi Ibrahim yang selalu istiqomah dan kokoh dalam mensyiarkan Tauhid Allah SWT.

5. Qalbun Salim

Terakhir adalah julukan Qalbun Salim yang memiliki arti hati yang bersih. Karena hati nabi ibrahim selalu bersih dari sifat-sifat tercela dan dipenuhi dengan sifat-sifat mulai.

Demikian artikel tentang Julukan Nabi Ibrahim yang Perlu Kalian Ketahui, Termasuk Khalillullah, Abul Anbiya, Abu Dhaifan, semoga bermanfaat.



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top