--> Contoh Naskah Pembukaan Tahlil Bahasa Jawa (Mewakili Tuan Rumah)
Home Tips Berbagi

CakMustop- Tradisi tahlilan di desa sudah menjadi makanan tiap minggunya, baik itu dalam rangka mkirim doa kepada leluhur, ataupun karena ada kerabat tetangga yang meninggal.


Tahlilan merupakan tradisi yang baik, di dalamnya terkandung banyak kebaikan, diantaranya bisa memper erat tali silaturrahim antar tetangga, membiasakan diri untuk ber wirid, dan membiasakan diri untuk bersedekah kepada sesama.

Orang yang di desanya masih melestarikan jamiyah tahlilan ini bisa dipastikan disitu tidak akan ada orang yang kelaparan.

Tradisi tahlilan milik warga Nahdliyin ini memang unik, dan harus kita jaga serta lestarikan, karena di dalamnya mengandung banyak mafsadah.

Bicara soal tahlilan, di desa-desa pastinya ada pemimpin yang memimpin pembacaan tahlilan tersebut, bila suatu saat sang pemimpin tersebut berhalangan hadir dan kalian di jadikan pengganti, kira kira bisa tidak kalian bertutur kata pendahuluan?

Nah kali ini Cak Mustop ingin berbagi naskah teks pembukaan tahlil dalam bahasa jawa. Bahasa jawa penting kita kuasai karena bahasa ini merupakan bahasa nenek moyang, Sangat penting mempelajari dan melestarikan tradisi lokal supaya kita tidak dibilang keturunan yang durhaka.

Oke langsung saja. Begini teksnya.

Contoh Naskah Pembukaan Tahlil Bahasa Jawa

Salam Pembuka

Jangan lupa  untuk mengucapkan salam

Assalamualaikum wr wb

Muqodimah Bahasa Arab.

Biasanya sebelum memulai para tokoh pemimpin tahlil membacakan sholawat atau muqoddimah berbhasa arab

Audzubillah himinassyatho nir rojim, bismillah hirroh man nir rohim, alhamdulillah hirobbil alamin, wassola tuwassalamu ala asrofil mur salin, sayyidina wamau lana muhammadin waala alihi wasoh bihi ajmain, amma ba'duh.

Masuk Ke Teks Pembukaan Bahasa Jawa

Hadrotal muhtaromin poro bapak alim ulama, poro bapak kiai ingkang kawulo hormati
Dumateng sedoyo poro bapak tamu undangan ingkang kawulo mulyaaken

Ing mriki kawulo minongko wakilipun sohibul hajjah, inggih menika ... (sebutkan nama keluarga yang memiliki hajat), sepindah muji syukur alhamdulillah dateng ngarsanipun Allah subhanahu wataala kanti ucapan alhamdulillah hirobbil alamin.

Sholawat soho salam mugiyo tansah kaatur dumateng junjungan kito nabi besar muhammad saw. waala alihi wasoh bihi waman tanbiahum ila yaumil qiyamah, ingkang selajengipun atas nami sohibul hajjah ...(sebut nama tuan rumah yang berhajat) sepindah matur sembah nuwun sanget atas rawuh panjenengan sedoyo, mugi-mugi rawuh panjenengan sedoyo meniko dipun dadosaken amal silaturrahim ingkang barokah, manfaat, maslahah, fiddini wad dunya wal akhiroh.

Mbok bileh anggenipun ngrawuhaken kawulo panjengan sedoyo meniko anggadahi kekirangan saking nopo kemawon ... (sebut nama tuan rumah yang berhajat) nyuwun agungipun nagpunten dohiron wa batinan dumateng panjenengan sodoyo.

Dene maksud ipun ngerawuhaken kulo panjenengan sedoyo sepindah dipun suwuni doa restunipun ingkang mugi-mugi (sebut nama tuan rumah yang berhajat) mugo selalu angsal maunah pertolongan saking Allah SWT. diparingi kuat iman islamipun. 

Lan dipun suwuni ikhlas ipun penggalih inggih puniko waosan kalimah toyyibah tahlil ingkan mangke ganjaranipun dipuun hadiahaken dumateng kanjeng Nabi Muhammad SAW waala alihi wasohbihi ajmain, dipun khusussaken dumateng (nama almarhum yang di tahlilin) ingkan wekdal sekawan dosonipun saking wafatipun (nama acara bisa diganti) nyuwun doa restu dumateng panjenengan sedoyo mugi-mugi bapak (nama almarhum yang di tahlilin) wonten ing ngalam kubur meniko selalu angsal nikmat lan rohmatipun Allah SWT 

Ala hadiniyah assholihah al fatihah...

Setealah itu lanjut pembacaan kaliamah tahlil dan doa sampai selesai

Kali ini cakmustop juga telah menulis artikel yang berisi contoh teks pembuka acara tahlil berbahasa indonesia dan jawa, file undangan tahlil berformat word yang bisa di download dengan mudah dan, file tahlil berformat pdf versi NU dan tahlil versi Pondok Pesantren Lirboyo, tertarik dengan artikel ini, monggo di klik link berikut ini


Begitulah contoh naskah pembukaan tahlil bahasa jawa, dimana teks tersebut saya ambil dari salah satu pembukaan tahlil di daerah kediri jawa timur.

Semoga bisa bermnafaat.

Baca juga :

1 comment

to Top