--> Protect Blog : Cara Melindungi Konten Blog dari Plagiarisme
Home Blog

Cak Mustop - Membuat blog itu perlu juga memperhatikan keamanan konten blog dari plagiarisme. Hari ini sangat mudah untuk melakukan plagiat, siapapun bisa melakukannya. Tinggal copy dan paste.


Daftar Isi :

1. Apasih Plagiator Itu?
2. Alasan Seseorang Melakuakan Plagiat
3. Cara Kerja Plagiator
4. Cara Melindungi Artikel dari Plagiat
5. Kekurangan Menggunakan Anti Copy-Paste


Sebenarnya selain metode copy-paste ada cara lain untuk mencuri konten blog. Malah dengan strategi ini kita bisa mencopy paste seluruh konten dalam blog tersebut.


Kita sebagai blogger yang menulis dengan susah payah, menyusun kata-kata, mancari informasi untuk bahan menulis, akan sangat kecewa bila hasil tulisan di blog, semuanya langsung berpindah ke tangan si pencuri konten.

Baca Juga: Cara Save Konten Blog Untik Mengindari Hacker


Maka dari itu perlu perlindungan khusus untuk melindungi konten blog.


Untuk saat ini saya membuat arikel khusus terkait cara melindungi konten blog dari palagiat. Walau sebenarnya selain konten, blog juga perlu dilindungi dari serangan hacker.


Apasih Plagiator Itu?

Plagiat menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah pengambilan karangan orang lain menjadi seolah-olah adalah karangan milik si plagiat tersebut.

Mungkin lebih gamblangnya itu, plagiat adalah orang yang tanpa izin mengambil tulisan kita, lalu di posting di blog mereka, kemudian ia mengakui bahwa tulisan tersebut adalah tulisannya.

Yang suka copy-paste mungkin juga bisa disebut si plagiat, kalau kita mengacu pada pengambilan karangan dan kemudian mengakuisisi tulisan tersebut.

Di dunia Maya, copy-past sudah menjadi lumrah, bagi kalangan yang membutuhkan artikel. Baik itu para pemblogger, ataupun siswa, mahasiswa yang membutuhkan karangan instan.

Nah cukup itu saja pengertian plagiat, menurut Cak Mustop


Alasan Seseorang Melakukan Plagiat

Alasannya cukup sederhana, melakukan plagiat atau copy-paste sangatlah mudah dilakukan dibandingkan dengan mengarang atau menulis ulang dengan bahasa sendiri.

Para pemblogger yang tidak berpikir jangka panjang biasanya suka melakukan ini.

Mereka berpikir bila blog dipenuhi dengan tulisan, maka blog tersebut akan semakin banyak pengunjungnya dan dapat menghasilkan uang lebih banyak dengan cara yang mudah.

Padahal sebaliknya, malahan blog yang suka copy-paste itulah yang tidak akan bisa berkembang. Dan  kedepan bakalan banyak rintangan menghadang 

Contohnya blog yang telah diketahui memuat artikel copas oleh google tidak disetujui untuk daftar adsen. Akan banyak pelaporan terkait konten yang telah dicopas dan akibatnya reputasi blog tersebut akan menurun.

Cara Kerja Plagiator

Seperti telah saya singgung sebelumnya, plagiat bisa dilakukan dengan cara copy-paate per-artikel, ada juga langsung ambil seluruh artikel di blog.


Copy-Paste

Cara ini adalah cara umum, semuanya bisa melakukan. Tinggal klik kanan, pencet copy, kemudian pencet paste. Walhasil semua tulisan pun berhasil dipindah.

Menggunakan Link

Sudah banyak blog menulis tentang "cara mencuri semua konten blog orang lain". Usut di usut cara ini sangat jitu di gunakan untuk mengambil konten blog.

Tidak tanggung-tanggung, semua tulisan bisa disalin hanya dengan waktu beberapa menit saja. Siapa yang tidak tergiur coba.

Hanya dengan meng-copy script berikut:



Kemudian di sambungkan di belakang domain blog, seperti misalnya:



Nah, jadilah tampilan baru yang siap di pindahkan ke blog si pencuri.

Kayak blognya si dwnldankita ini yang telah ludes melahap sebagian besar artikel di blog Cak Mustop ini.

Sedih, ya sedih sih, tapi mau gimana lagi. Walau di curi, Cak Mustop harus tetap bangkit dan semangat buat terus menulis di blog ini.

Cara Lain

Mungkin ada cara lain untuk melakuakan pencurian artikel, karena kita berada di zaman digital, semuanya serba berkembang, pastinya cara hacker pun juga mengalami perkembangan.

Baca Juga:

Cara Posting Artikel Blog Lewat Hp dengan Chrome dan APK Blogger

Mengukur Kecepatan Website dengan Google PageSpeed Insight

Tips Buat Pemblogger dengan Menggunakan Senjata Ngeblog Ini

Kemudian, bagaimana cara menghindari dari pencurian artikel?, yaitu bisa menggunakan cara-cara berikut ini.

Walaupun kita tidak bisa menjamin 100% artikel bisa aman. Namun setidaknya sudah berusaha memproteck blog dari para pencuri artikel.


Cara Melindungi Artikel dari Plagiator

Yaitu dengan cara di bawah ini:


Mendaftarkan Blog ke DMCA

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mendaftarkan blog ke DMCA ( Digital Millenium Copyrigth Act ). 

DMCA merupakan badan hukum dari Amerika Serikat, menaungi terkait pelanggaran atas hak cipta karya digital.

Salah satu fungsi dari DMCA adalah dapat melindungi konten blog dari pencurian.

Tidak hanya tulisan, DMCA juga mampu digunakan untuk melindungi hak cipta dari gambar, musik, dan video.

Fungsi secara umum, apabila seseorang mengambil artikel dari blog kita maka DMCA akan mencegahnya dengan cara mematikan artikel yang telah di curi dari mesin telusur google.

Jadi blog yang telah mencuri artikel kita bisa tidak berkembang karena dimata google, blog tersebut sudah melanggar hak cipta.

Menggunakan Script HTML/ Java Script

Cara ini bisa mencegah seseorang meng-copy artikel kita dengan menggunakan ctrl-A yang kemudian di paste ke blog mereka

Kerjanya, artikel tidak bisa di blok lagi, jadi tulisan kita akan aman dari plagiat yang menggunakan cara copy-paate biasa.

Caranya copy script di bawah ini



Kemudian masuk ke dashboard blog, klik bagian tata letak.


Lalu cari menu tambahkan gadget, terus klik menu tersebut


Cari menu HTML/Java Script, lalu klik. tampilannya seperti dibawah


Kemudian isikan kode Script di atas ke dalam kolom yang disediakan. Kosongkan judul, dan klik simpan.


Bila proses diatas kalian terapkan di blog, maka artikel kalian tidak bisa di copy-paste lagi.

Namun hal ini tidak menjamin bahwa 100% benar-benar tidak bisa di copas. Setidaknya dengan melakukan langkah ini kita telah mempersulit Plagiator untuk copy-paste artikel kita.

Hal ini akan mengurangi kemungkinan besar pencurian artikel. Proses copy-paste yang sulit akan membuat para Plagiator berpikir ulang, nah ini bagi mereka yang pengen serba instan pasti akan cari mangsa lain yang lebih mudah di copas.

Dengan Mengatur RSS Feed Blog

Cara ini dilakukan untuk mencegah pengambilan seluruh konten blog. 

Saya pernah mencoba mengambil blog Cak Mustop ini setelah pengaturan blog saya rubah. Dan hasilnya tetap bisa di ambil.

Namun ada pengecualian, yang di ambil ternyata hanya ringkasan saja. Jadi semua artikel yang telah diambil, isinya hanya ringkasan saja.

Nah, bila yang di ambil hanya ringkasan saja. Si Plagiat pasti juga akan berpikir ulang, untuk mengambil artikel tersebut.

Caranya gimana:

Masuk ke dashboard blogger kalian. Lalu pergi ke menu setelan.


Setelah kalian masuk ke menu setelan atau setting, kemudian klik menu lainnya.

Kemudian di bagian Feed Situs, tepatnya di izinkan feed blog, kalian rubah tampilannya menjadi singkat.


Terakhir kalian simpan pengaturannya dan selesai, cara ini terbukti ampuh untuk menghentikan pencurian seluruh artikel blog yang menggunakan Script.

Dengan Menambahkan Kode Anti Copas

Cara ini juga menggunakan Script, sama seperti di atas harus menempelkan kode Script ke blog. Bila cara di atas masuk widget html/Java Script, kode anti copas ini harus di letakkan di dalam kode html blog.

Caranya:

Masuk ke dashboard blog, kemudian klik Tema >> klik >> edit html

Letakkan kode anti copas berikut di atas kode 
}}></b:skin> atau </style>



Menggunakan Feedburner.google.com

Feedburner.google.com ini merupakan situs dari google, khusus untuk menandai artikel di page blog. Cara kerjanya adalah menyimpan link artikel dan menjadikannya sebagai sumber pertama tulisan berasal

Caranya:

Pertama kalian harus masuk ke feedburner.google.com terlebih dahulu

Kemudian tulis URL website kalian di kolom berikut


Setelah itu centang i am a podcaster, lalu klik next
Bila sudah mempunyai, tak perlu mengisi url. Biasanya di atas kolom tersebut ada nama dari blog, tinggal klik dan masuk ke halaman berikut

Klik menu optimaze, kemudian cari menu Summary Byrne di bawah dan klik.


Setelah itu, tentukan jumlah maximum length, dalam hal ini saya pilih 30 karakter, lalu isi kolom teaser dengan kalimat sesuka kalian, contoh: Selengkapnya Sobat Bisa Mengunjungi https://cakmustop.blogspot.com. Bila sudah selesai klik activate.


Kemudian lihat pojok kiri atas dari laman. Klik menu edit feed details. lalu catat alamat feed rss. Nantinya alamat feed rss tersebut akan di tempelkan di blog kalian.


Setelah itu pergi ke dashboard blog. Cari menu pengaturan kemudian klik, terus lanjut klik lainnya. Pilih singkat pada izinkan feed blog. Klik tambahkan pada URL Alihkan Feed postingan, lalu pastekan alamat feed rss di atas. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Jika telah sampai proses ini, blog kalian aman dari pencurian seluruh konten. Jangan lupa untuk klik simpan pengaturan.

Untuk cek keberhasilan pengalihan feed rss blog ke feedburner kalian cek dengan menambahkan kode rss.xml

Kebetulan blog Cak Mustop ini sudah saya alihkan feed rssnya. Kalian bisa melihat hasilnya dengan klik link di bawah ini


Menggunakan Script Anti Disable Java Script

Kali ini adalah kode anti disable Java Script. Perlu menggunakan kode ini karena bisa menolak dari pencurian yang mematikan kode Java Script di browsernya.

Oke, langsung saja caranya adalah sebagai berikut.

Buka dashboard blog, kemudian masuk ke tema, dan pilih edit html. Masukkan Script di bawah ini di atas kode </body>



Mematikan Fitur Inspact Element

Cara terakhir adalah dengan mematikan fitur Inspact Element, cara ini adalah cara yang ampuh, untuk mencegah pencurian dengan metode Inspact element

Caranya:

Masuk ke dashboard blog, kemudian pergi ke tampilan atau layout. Tambahkan gadget baru, pilih HTML/ Java Script. Copy kode di bawah ini. Lalu paste kan di kolom yang tersedia.



Jangan lupa untuk di simpang pengaturannya.

Kekurangan Menggunakan Anti Copy-Paste

Dengan memasang kode anti copas di atas, memang artikel kita jadi sulit untuk di curi. Namun penerapan Anti copy paste tersebut ada kekurangannya.

Dan kekurangan ini nantinya akan menjadi pertimbangan kalian untuk memilih, mana yang sebaiknya di gunakan, mana yang tidak.

Artikel Tidak Bisa di Copas oleh Pengunjung.

Blog yang di fungsikan untuk menghasilkan uang, pengunjung pastinya menjadi hal berharga. Bila pengunjung merasa tidak nyaman karena blog tidak bisa di copas, hal tersebut akan mempengaruhi trafik blog.

Tips Cak Mustop, sebaiknya kalian berpikir lagi, definisikan blog terlebih dahulu. Apakah blog memang bertujuan memberikan informasi kepada orang lain yang membutuhkan untuk di copas atau tidak.

Bila blognya seperti Cak Mustop ini, yang hanya memberikan informasi tips dan trik, saya rasa pengunjung tidak ada yang ingin copas artikelnya.

Karena yang mereka butuhkan adalah informasi, bukan artikel. 

Beda lagi ceritanya kalau blognya menyediakan materi sekolah seperti misalnya menampilkan tulisan istilah dan pengertian. Pasti ingin mengcopasnya.

Blog yang seperti ini sebaiknya hindari pemakaian kode anti copas. Cukup gunakan DMCA atau dengang mengatur feed rss blog.

Trafik Blog Akan Menurun.

Seperti yang saya jelaskan di atas, bila kalian menggunakan kode anti copas, tidak menuntut kemungkinan trafik blog kalian akan menurun.

Pertimbangkan lagi kurang lebihnya. Sebenarnya jika kita pikir ulang, salah satu penyebab trafik blog menurun adalah, artikel kita banyak ngepost di berbagai blog yang menyebabkan google menurunkan reputasi blog tersebut.

Nah sekali lagi pertimbangkan lagi ya.

Membuat Kesal Pengunjung

Biasanya kalau kemauan seseorang tidak dipenuhi, pastinya akan membuat ia kesal, begitu juga dengan pengunjung.

Pengunjung ibarat pembeli, bila kita tidak mampu melayani pembeli dengan baik, dia akan kesal, dan akibatnya dia tidak akan mau berkunjung ke blog tersebut lagi.

Cukup sekian dulu dari Cak Mustop, semoga artikel terkait Protect Blog ini memberikan manfaat.

Baca juga :

51 comments

  1. all the time i used to read smaller articles that as well clear their motive, and that is also happening with this paragraph which I am reading at this time.

    ReplyDelete
  2. Sweet blog! I found it while surfing around on Yahoo News. Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News? I've been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it

    ReplyDelete
  3. My relatives always say that I am wasting my time here at web, but I know I am getting know-how every day by reading such good articles or reviews.

    ReplyDelete
  4. Wow, this piece of writing is good, my younger sister is analyzing these kinds of things, thus I am going to let know her.

    ReplyDelete
  5. What i don't understood is in truth how you are now not actually a lot more well-preferred than you may be right now. You're very intelligent. You recognize therefore considerably in terms of this topic, produced me for my part consider it from a lot of varied angles. Its like men and women aren't involved until it is something to do with Girl gaga! Your own stuffs great. Always handle it up!

    ReplyDelete
  6. Good answer back in return of this issue with solid arguments and describing everything on the topic of that.

    ReplyDelete
  7. Very nice article. I certainly love this website. Continue the good work!

    ReplyDelete
  8. Wow that was odd. I just wrote an extremely long comment but after I clicked submit my comment didn't appear. Grrrr... well I'm not writing all that over again. Regardless, just wanted to say wonderful blog!

    ReplyDelete
  9. Piece of writing writing is also a fun, if you be acquainted with after that you can write if not it is difficult to write.

    ReplyDelete
  10. Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you! By the way, how could we communicate?

    ReplyDelete
  11. Great article! We are linking to this particularly great article on our website. Keep up the good writing.

    ReplyDelete
  12. Have you ever thought about adding a little bit more than just your articles? I mean, what you say is fundamental and all. Nevertheless think of if you added some great graphics or videos to give your posts more, "pop"! Your content is excellent but with images and video clips, this website could definitely be one of the very best in its niche. Wonderful blog!

    ReplyDelete
  13. What a data of un-ambiguity and preserveness of precious experience concerning unpredicted emotions.

    ReplyDelete
  14. It's really a great and useful piece of info. I am satisfied that you shared this helpful info with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  15. Pretty! This was an extremely wonderful article. Many thanks for supplying this info.

    ReplyDelete
  16. Wonderful blog! I found it while browsing on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I've been trying for a while but I never seem to get there! Cheers

    ReplyDelete
  17. I'm really enjoying the design and layout of your website. It's a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme? Exceptional work!

    ReplyDelete
  18. My brother suggested I would possibly like this blog. He used to be entirely right. This publish actually made my day. You can not believe simply how much time I had spent for this info! Thank you!

    ReplyDelete
  19. What's Happening i'm new to this, I stumbled upon this I've discovered It absolutely helpful and it has aided me out loads. I hope to contribute & assist different customers like its helped me. Great job.

    ReplyDelete
  20. Hi to every one, it's really a nice for me to go to see this website, it consists of helpful Information.

    ReplyDelete
  21. Very rapidly this website will be famous among all blog viewers, due to it's pleasant articles

    ReplyDelete
  22. Heya i'm for the first time here. I came across this board and I find It really useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and help others like you helped me.

    ReplyDelete
  23. Wow, this paragraph is good, my younger sister is analyzing these kinds of things, therefore I am going to convey her.

    ReplyDelete
  24. of course like your website but you need to test the spelling on quite a few of your posts. Several of them are rife with spelling problems and I in finding it very bothersome to inform the reality nevertheless I'll surely come back again.

    ReplyDelete
  25. I appreciate, cause I discovered exactly what I used to be having a look for. You have ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

    ReplyDelete
  26. Excellent way of describing, and good post to get data about my presentation topic, which i am going to deliver in institution of higher education.

    ReplyDelete
  27. If some one wants expert view concerning running a blog afterward i recommend him/her to pay a visit this weblog, Keep up the good job.

    ReplyDelete
  28. This site was... how do you say it? Relevant!! Finally I've found something that helped me. Cheers!

    ReplyDelete
  29. This web site certainly has all the info I wanted concerning this subject and didn't know who to ask.

    ReplyDelete
  30. Hello! This post could not be written any better! Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept chatting about this. I will forward this page to him. Fairly certain he will have a good read. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  31. I like the valuable info you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here regularly. I am quite sure I'll learn plenty of new stuff right here! Best of luck for the next!

    ReplyDelete
  32. I am in fact happy to glance at this webpage posts which includes tons of helpful facts, thanks for providing such information.

    ReplyDelete
  33. I truly love your website.. Very nice colors & theme. Did you create this amazing site yourself? Please reply back as I'm attempting to create my own personal website and would like to know where you got this from or exactly what the theme is called. Cheers!

    ReplyDelete
  34. Hmm is anyone else experiencing problems with the images on this blog loading? I'm trying to figure out if its a problem on my end or if it's the blog. Any suggestions would be greatly appreciated.

    ReplyDelete
  35. Piece of writing writing is also a excitement, if you be acquainted with afterward you can write otherwise it is complex to write.

    ReplyDelete
  36. I am sure this paragraph has touched all the internet visitors, its really really fastidious post on building up new web site.

    ReplyDelete
  37. I quite like reading an article that can make people think. Also, thank you for allowing for me to comment!

    ReplyDelete
  38. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz respond as I'm looking to construct my own blog and would like to know where u got this from. many thanks

    ReplyDelete
  39. For the reason that the admin of this site is working, no question very quickly it will be renowned, due to its feature contents.

    ReplyDelete
  40. Thank you for some other excellent article. The place else may anybody get that kind of info in such a perfect means of writing? I have a presentation next week, and I'm at the look for such info.

    ReplyDelete
  41. Hello, i feel that i saw you visited my weblog so i got here to return the favor?.I am trying to in finding things to improve my site!I assume its adequate to make use of a few of your ideas!!

    ReplyDelete
  42. I have been browsing online greater than 3 hours as of late, yet I by no means discovered any fascinating article like yours. It's pretty value enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made just right content as you probably did, the web can be a lot more useful than ever before.

    ReplyDelete
  43. Aw, this was a very nice post. Finding the time and actual effort to generate a good article… but what can I say… I procrastinate a lot and never manage to get anything done.

    ReplyDelete
  44. I couldn't resist commenting. Well written!

    ReplyDelete
  45. I want to to thank you for this very good read!! I certainly enjoyed every bit of it. I have you saved as a favorite to check out new things you post…

    ReplyDelete
  46. Thanks a lot for sharing this with all folks you really recognise what you're speaking about! Bookmarked. Kindly also talk over with my site =). We can have a link alternate contract among us

    ReplyDelete
  47. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You clearly know what youre talking about, why throw away your intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us something enlightening to read?

    ReplyDelete
  48. Hi, I do think your web site could possibly be having internet browser compatibility issues. When I look at your site in Safari, it looks fine however, if opening in Internet Explorer, it has some overlapping issues. I simply wanted to provide you with a quick heads up! Other than that, excellent website!

    ReplyDelete
  49. hello!,I love your writing so much! share we be in contact extra about your post on AOL? I require an expert on this space to solve my problem. May be that is you! Having a look forward to see you.

    ReplyDelete
  50. I just like the valuable info you supply to your articles. I will bookmark your blog and test once more right here frequently. I'm quite certain I will be told plenty of new stuff proper right here! Good luck for the next!

    ReplyDelete
  51. Spot on with this write-up, I actually believe this website needs far more attention. I'll probably be back again to read through more, thanks for the information!

    ReplyDelete

to Top