--> Untuk Anak SD, Pengertian Zat Tunggal dan Campuran Beserta 10 Contohnya
Home Artikel

Pengertian zat atau materi bagi sebagian orang mungkin berbeda beda. Misalnya saja pengertian zat untuk anak SD dan orang kuliahan, pastinya pengertian zat untuk SD lebih sederhana, bila di tanya apa itu zat? Jawabannya pasti sederhana. Bila panjang-panjang wah guru pengajarnya nanti bisa protes kayak gini “ini belum saya ajarkan kok sudah jawabnya panjang gini”.


Berbeda dengan jawaban orang kuliah. Dosen lebih suka jawaban yang panjang dan mendalam, mereka tidak suka jawaban yang sederhana seperti anak SD. 

Penting untuk meletakkan porsi pemahaman sesuai dengan umurnya. Tak lupa dengan pemahaman soal zat ini.


Kali ini Cak Mustop ingin membahas soal Zat Tunggal dan Zat Campuran versi anak SD. Refrensinya dari buku Tematik 9 kelas 5 SD. Salah satu bahasannya adalah tentang zat tunggal dan zat campuran.

Semua benda disekitar kita baik yang kasat mata maupun tidak seperti misalnya kursi dan angin itu disebut dengan materi. Pengertian materi sendiri bisa diartikan segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki masa, jadi angin juga termasuk materi, karena angin menempati ruang dan bila kalian perhatikan lagi angin itu memiliki massa atau berat, coba saja timbang balon yang kempis dengan balon yang di beri angin, pastinya beratan yang memiliki masa kan.

Berdasarkan komponen penyusun materi itu dibagi atau dibedakan menjadi zat tunggal dan zat campuran, Oke kita masuk ke pengertian zat tunggal dan zat campuran.

Pengertian Zat Tunggal

Zat tunggal adalah zat yang penyusunnya terdiri dari materi yang sejenis atau sama. Artinya zat tersebut terbuat dari bahan yang sama.

Contohnya:
  1. Air
  2. Garam
  3. Gula
  4. Emas 24 gram
  5. Besi
  6. Baja
  7. Oksigen
  8. Plastik
  9. Kaca
  10. Almunium

Pengertian Zat Campuran

Berikutnya zat campuran, pengertiannya adalah zat ini terdiri dari beberapa jenis materi atau zat tunggal. Jadi seperti misalkan.
  1. Campuran besi dan alumunium
  2. Campuran baja dengan besi
  3. Campuran gamar dengan air
  4. Campuran air dengan gula
  5. Kopi
  6. Sirup
  7. Adonan roti
  8. Air hangat dengan susu kental
  9. Wedang jahe
  10. Mie goreng
Kalian juga harus mengetahui kalau zat campuran ini dibedakan menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Pengertian Zat Campuran Homogen

Campuran homogen memiliki pengertian sebuah zat yang penyusunnya bisa tercampur secara sempurnya. Artinya bila dua zat yang berbeda di campurkan jadi satu dia sulit atau mungkin tidak bisa untuk di pisahkan lagi.

Contohnya:
  1. Campuran air dengan gula
  2. Campuran air dengan garam
  3. Campuran air dengan sirup
  4. Sabun Cuci Piring
  5. Vodka
  6. Lem perekat
  7. Cat dinding

Pengertian Zat Campuran Heterogen

Terakhir adalah zat campuran heterogen, zat campuran ini memiliki pengertian sebuah zat  campuran yang penyusunnya tidak tercampur secara sempurna.

Contohnya:
  1. Kopi
  2. Susu
  3. Adonan kue
  4. Mie goreng
  5. Nasi goreng
  6. Sayur bayam
  7. Seral 
  8. Tanah
  9. Pasir
  10. Adukan semen dengan pasir
Sekian dulu dari Cak Mustop, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencarinya, tetap semangan belahar. 



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top