--> 4 Ciri-Ciri Iklan Agar Dapat Menarik Pembaca (Jawaban Untuk Kelas 5 SD)
Home Artikel

Iklan adalah media untuk menawarkan prodak atau jasa ke halayak umum, baik itu menawarkannya melalui media cetak maupun melalui media elektronik.

Pada intinya iklan itu adalah bagaimana cara supaya orang tertarik dengan produk yang kita jual atau tawarkan. Kalau benar-benar kita telaah apapun media yang bisa membuat seseorang tertarik untuk membeli atau menggunakannya itu secara makna sudah mewakili iklan, tidak terbatas pada media elektronik maupun cetak.

imron.web.id

Tetapi kadangkala ada soal yang menanyakan hal yang lebih spesifik sesuai dengan buku yang di ajarkan, misalkan saja ciri-ciri iklan agar dapat menarik pembaca ini. Mungkin secara ngawur kita bisa menjawabnya yang pertama adalah harus interaktif, kedua mempengaruhi orang supaya tertarik, ketiga menggunakan bahasa yang mudah di pahami, dan terakhir terpercaya. Ya secara esensi hal tersebut memang bisa disebut ciri-ciri iklan. Namun apakah jawaban itu bisa di benarkan oleh anak SD kelas lima.

Hehe saya menulis artikel ini karena sebelumnya membantu anak SD untuk menjawab soal di dalam bukunya. Seperti ini soalnya:

Agar dapat menarik perhatian pembaca, iklan harus memenuhi empat ciri-ciri tertentu. Sebutkan empat ciri-ciri tersebut!

Bila ada pertanyaan seperti itu, jawaban yang benar menurut anak SD apa?

Baca Juga: Contoh Budaya Lokal di Indonesia yang Cocok Buat Membantu Menjawab Soal Sekolah

Kebetulan nih saya baca buku tematik 9 milik anak SD kelas 5 tersebut dan pada halaman 37 ada materi yang memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut, yaitu berikut isi teksnya:

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
Pertama harus menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
Kedua iklan tersebut harus memiliki bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti
Ketiga iklan tersebut juga harus menggunakan kata konotasi yang bermakna positif
Keempat Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik

Nah itulah kiranya jawaban yang benar bila ada pertanyaan seperti yang dikemukakan di atas. Langsung dari sumber buku tematik 9 sd kelas 5.



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top