--> Pengertian Iklan: Ditinjau dari Tujuan, Ciri dan Unsur, Jenis dan Contoh Iklan Secara Lengkap
Home Artikel

Tanpa iklan pastinya suatu barang atau jasa akan sulit dikenal oleh khalayak umum. Iklan sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis, baik itu berupa perdagangan barang atau perdagangan jasa.

Iklan sendiri memiliki pengertian sebagai informasi yang sengaja di sebarkan untuk mempengaruhi dan membuat orang yang di pengaruhi tersebut membeli barang atau jasa yang diiklankan.


Iklan di katakan sukses apabila ia mampu mendorong atau membujuk masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang di tawarkan.

Baca Juga: Paparan Iklan Melalui Radio, Televisi, dan Internet

Penyebaran iklan pun pastinya di tempat yang banyak khalayak yang berkumpul atau lalu lalang, bisa di jalan raya dengan papan banner, atau di televisi, koran, internet. Iklan yang di pasang di tempat ramai itulah harapannya nanti akan ada banyak orang yang terpengaruh.

Biasanya iklan akan memberi kompensasi bagi media yang mau di titipi iklan, seperti misalnya blog cak mustop ini yang sudah terdaftar adsense. Artinya dari pihak iklan akan memberi kompensasi yang akan di bagi antara google adsense dan pemilik blog ini.

Definisi Iklan dari Para Ahli

Karena iklan merupakan fenomen yang umum yang sudah tidak asing lagi untuk di bicarakan maka dari itu pastinya ada definisi dari ahlinya yang bisa kita jadikan rujukan.

Kriyantono


Rhenald Kasali


Lee



Durinto


Courtland L. Bovee



Kamus Besar Bahasa Indonesia


Lebih banyak pengertian dari iklan kalian bisa lihat artikel dari seputarpengetahuan.co.id tentang 12 pengertian iklan menurut para ahli.

Tujuan dari Pembuatan Iklan

Secara sederhana mungkin kita bisa mengatakan bahwa tujuan dari iklan adalah supaya banyak orang yang akan menggunakan pruduk atau jasa. Semakin banyak orang yang terpengaruhi maka tujuan iklan bisa dikatakan telah mencapai tujuannya.

Secara terperincinya tujuan iklan ada dua poin

Pertama adalah mengenalkan atau memberikan informasi kepada banyak orang tentang barang, jasa, ide atau apapun yang bertujuan untuk dikenalkan. Biasanya iklan ini menggunakan bahasa persuasif (ajakan) yang pada intinya menyampaikan kelebihan-kelebihan suatu produk tersebut.

Kedua adalah mempengaruhi si target dari iklan tersebut supaya membeli atau menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.

Fungsi Iklan

Iklan memiliki fungsi yang diantaranya adalah:
  1. Memberikan informasi kepada khalayak ramai (informing)
  2. Membujuk orang banyak untuk menggunakan atau membeli produk yang diiklankan (persuading)
  3. Mengingatkan khalayak ramai (reminding)
  4. Memberi nilai tambah pada produk yang diiklankan (adding value)

Manfaat Pengiklanan

Iklan bicara soal cara mempengaruhi khalayak umum, dari situ kita bisa menyimpulkan manfaat terbesar dari pengiklanan adalah banyaknya pengguna atau pembeli yang akan berdatangan.

Secara terperinci manfaat pengiklanan adalah sebagai berikut
  1. Pengiklan akan dapat pembeli/pengguna  yang lebih banyak dari pada sebelum adanya pengiklanan
  2. Produk atau jasa akan semakin dekanal oleh khalayak umum
  3. Pengiklan akan dapat untuk yang melimpah, karena produknya dikenal oleh banyak orang
  4. Nama dari perusaan akan semakin melejit dan itu akan semakin mudah masyarakat mengidentifikasinya
  5. Mendapat kepercayaan yang lebih dari pihak yang terkait apabila manfaat dari produk yang diiklankan tersebut sesuai dengan apa yang diiklankan.

Ciri-Ciri Iklan

Sudahka kalian mengenail iklan, mungkin secara sepintas kita bisa membedakan mana iklan dan mana yang bukan iklan, seperti misalnya iklan di tv, yang pastinya tanpa perlu di jelaskan secar mendalam masyarakat akan tahu bahwa tayangan tersebut merupakan iklan.

Namun kita harus mengerti secara terperinci bila ada yang bertanya apa itu ciri-ciri iklan. Berikut merupakan ciri-ciri iklan:
  1. Pesan atau informasi yang disampaikan memiliki bahasa yang komunikatif dan informatif
  2. Iklan menggunakan bahasa ajakan/ persuasif guna mengajak khalayak untuk menggunakan produk iklan
  3. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, mudah dimengerti, logis, dan sopan, agar target market dengan mudah menangkapnya.
  4. Menjelaskan produk yang di iklankan secara detail atau sekiranya khalayak mengetahui manfaat dan kegunaannya.

Ciri-Ciri Iklan Elektronik

Ciri-ciri iklan elektronik tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri iklan seperti biasanya, yaitu iklan dimedia cetak. Ciri-ciri iklan elektronik:
  1. Komunikatif
  2. Informatif
  3. Iklan Mudah di mengerti dan diingat masyarakat
  4. Menarik perhatian khalayak ramai
  5. Mengajak penonton untuk menggunakan atau membeli barang atau jasa yang diiklankan.

Syarat-Syarat Iklan

Membuat iklan tidak bisa sekali jadi langsung kita sebar ke khalayak, namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Apa saja itu?
  1. Iklan harus jujur apa adanya, objektif dan proposional sesuai dengan konteksnya.
  2. Harus menggunakan informasi yang mudah di pahami oleh masyarakat, maka dari itu perlu menggunakan bahasa yang jelas, padat dan mudah dipahami
  3. Iklan harus di kemas semenarik mungkin, semakin menarik dan dapat perhatian dari masyarakat berarti iklan tersebut sangat baik
  4. Iklan tidak boleh berisi informasi yang merendahkan merek atau produk lainnya. 

Unsur Pembeda dari Iklan Media Elektronik

Unsur-Unsur Iklan Televisi

Unsur yang terdapat di iklan televisi yaitu:

Suara

Suara dalam televisi bisa berupa suara manusia, hewan, tumbuhan, musik atau sekedar suara efek musik yang mengiringi.

Gambar

Gambar dalam iklan televisi bisa berupa gambar produk yang diiklankan atau dapat pula orang yang mengkonsumsi produk yang diiklankan.

Gerak

Unsur gerak ini untuk lebih menarik perhatian masyarakat yang melihatnya

Tulisan

Tulisan iklan dalam televisi di tulis dengan singkat dan mudah terlihat, berfungsi sebagai penjelas produk iklan.

Unsur-Unsur Iklan Radio

Iklan radio ini hanya terdiri satu jenis unsur saja, yaitu suara. Bisa berupa suara manusia berupa kata-kata yang teratur, musik, efek suara.

Unsur-Unsur Iklan Internet

Suara

Iklan di internet bisa juga berupa video yang terdapat unsur suara seperti iklan yang ada di youtube

Gambar

Iklan internet ada juga yang berupa gambar produk yang diiklankan atau dapat pula orang yang menngunakn produk tersebut

Tulisan

Iklan internet ada juga berupa yang singkat dan mudah dilihat sebagai penjelas dari produk yang diiklankan.

Gerak

Baik gambar maupun tulisan di internet, semuanya bergerak. Itu bisa berbentuk video atau animasi

Macam-Macam Iklan

Ada beberapa media pengiklanan seperti media elektronik atau media cetak, ada pula iklan di bedakan berdasarkan jenis iklannya. Dari situ ada beberapa jenis iklan. Apa saja itu?

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan penawaran atau niaga ini merupakan jenis iklan yang menawarkan barang atau jasa kepada khalayak umum. Biasanya iklan ini banyak sekali bertebaran di media. Contoh dari iklan penawaran atau niaga adalah:

Pertama iklan penawaran produk/ barang: iklan sampo, iklan sabun, iklan barang elektronik, iklan hp, iklan sapu, iklan tv, iklan tas, iklan mobil atau motor, iklan lampu, iklan semen, iklan produk minuman dan masih banyak lainnya.

Kedua iklan penawaran jasa: jasa guru les, jasa kurir, jasa bengkel, jasa penjualan barang, jasa angkut, jasa ojek online, jasa pengangkutan barang, jasa pengelolaan website, jasa sedot wc dan masih banyak lagi.

Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

Iklan ini biasanya di gunakan untuk pemberitahuan ke publik terkait suatu kejadian atau acara. Contohnya: iklan acara ulang tahun, iklan berita duga, iklan acara reoni, iklan acara pernikahan, iklan kelahiran dan lainnya.

Iklan layanan Masyarakat

Seperti namanya, iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat berupa layanan dari lembaga terkait atau pemerintahan. Contohnya:
  1. Iklan narkoba (himbauan untuk menjauhi narkoba)
  2. Iklan terkait bahaya merokok
  3. Iklan terkait bahaya demam berdarah
  4. Iklan pentingnya menjaga kebersihan
  5. Iklan layanan masyarakat terkait pentingnya sekolah
  6. Iklan terkait pentingnya membaca dan lain sebagainya.

Jenis Iklan Ditinjau dari Media yang Digunakan

Iklan dengan menggunakan media cetak

jenis iklan cetak ini dibuat pada media yang berupa cetakan, misalkan saja iklan yang ada di surat kabar, majalah, tabloid, banner, poster, pamflet, browsur dan lainnya.

Iklan dengan menggunakan media elektronik

Iklan media elektronik ini biasanya di pasang di media yang berbasis elektronik misalkan media televisi, internet, radia, dan film. Lebih jelasnya simak penjelas tentang media elektronik tersebut di bawah ini.

Iklan televisi: di dalam iklan televisi terdapat tempat unsur yang menyusunnya, yaitu unsur suara, unsur gambar, unsur gerak, unsur teks. Banyak unsur yang tersedia ini lebih menarik ketimbang iklan yang hanya menyediakan unsur teks gambar atau audio saja. Beberapa contoh topik yang dijadikan sebagai iklan televisi adalah: sponsor program, animation, running text, live action, superimposed dan lainnya.
Iklan Radio: iklan ini hanya bisa kita terima dengan cara mendengarnya. Karena dari jenis platform radio yang hanya menyediakan audio saja. Contoh dari iklan ini adalah sponsor program, spot, dan Ad-lib.
Iklan film: iklan ini tersedia di film yang kalian tonton, baik itu di bioskop maupun di PC/ laptop. Apabila kalian perhatikan biasanya sebelum film di bioskop di mulai ada beberapa iklan yang nongol. Kemudian pada film yang kalian putar di PC, biasanya ada tulisan yang muncul yang mengiringi berupa iklan.
Iklan media Internet: iklan jenis ini berada di media internet, bisa berupa platform website atau video youtube. Beberapa jenis iklan internet di antaranya berupa banner & button, sponsorship, website, email marketing, engine marketing, classified ads, social media marketing dan masih nanyak lainnya.  
Iklan di luar ruangan: iklan ini adalah iklan elektronik yang posisinya di luar ruangan dengan pertimbangan ada di tempat khalayak ramai. Contoh dari iklan ini adalah iklan transit, outdoor standar, display,mobile billboard, dan lainnya.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Jenis iklan ini didasarkan pada dua jenis, yaitu jenis iklan komersial dan iklan non komersial, selengkapnya simak di bawah ini.

Iklan Komersial

Iklan komersial memiliki tujuan untuk mencari keuntungan ekonomi (uang dan sejenisnya) atau digunakan untuk meningkatkan nialai jual. Jenis iklan komersial dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:
Iklan Konsumen: ditujukan pada kepada pembeli yang menggunakan produk tersebut.

Iklan Bisnis: ditujukan kepada pihak yang mampu mengelola atau yang mampu menjualkan produknya kepada konsumen akhir
Iklan Profesional: iklan ini lebih ditujukan untuk para profesionalis. 
Iklan Perusahaan: Iklan ini lebih menekankan pada citra perusaan. Iklan perusaan biasanya memiliki tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa mendatang. Tujuan utama dari iklan perusaan ini adalah meningkatkan citra perusahaan di masyarakat.

Iklan Non Komersial

Iklan Non komersial biasanya di tujukan untuk memberi pemahaman bagi masyarakat umum, baik itu berupa informasi, ajakan, atau edukasi. Iklan jenis ini menitik beratkan pada keuntungan ekonomi, namun lebih ke keuntungan bersifat sosial masyarakat.

Keuntungannya masyarakat menjadi tahu, paham, sadar terhadap isu yang di sampaikan. Misalkan saja terkait bahaya merokok, bahaya mengkonsumsi narkoba, terkait kesadaran keluarga berencana, global warming, tentang penyakit dan sebagainya.

Biasaya iklan komersial di gaungkan oleh organisasi kemasyarakatan atau dari pemerintah sendiri.

Istilah Iklan Lainnya

Iklan Advertorial

Yaitu iklan yang dikemas berupa berita dengan menggunakan bahasa jurnalis

Iklan Display

Iklan display memiliki kemiripan dengan iklan kolom, namun iklan display ini memiliki ukuran yang lebih.

Iklan Penerangan
Iklan ini berfungsi untuk memberi penerangan tentang suatu hal, sebenarnya kita bisa juga menyebut iklan penerangan ini sebagai iklan layanan masyarakat.

Iklan Reklame

Iklan reklame isinya mempromosikan barang atau jasa yang akan dijual untuk mendapat keuntungan. Ikan reklame biasanya memuji suatu produk yang di tawarkan, seperti tidak ada bandingnya, kualitas mantap terbaik nomer satu.


Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top