--> Paparan Iklan Melalui Radio, Televisi, dan Internet
Home Artikel

Pastinya sudah tidak asing bagi adek-adek yang hari ini masih duduk di bangku sekolah SD dengan kata paparan iklan. Pengenalan terhadap iklan ini di beberapa tematik pastinya sudah sering di singgung.

Nah maka dari itu bila kalian sedang mencari materi terkait paparan iklan, pada kesempatan kali ini Cak Mustop ingin mereview meteri tersebut menjadi sebuah artikel.


Oke langsung saja.

Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk membuat iklan di radio seseorang harus membuat naskah terlebih dahulu. Dalam membuat naskah iklan radio ini harus di sesuaikan dengan konsep produk yang mau diiklankan. Jadi di dalam pembuatannya tidak boleh ngawur, kombinasi antara musik, suara dan topik iklan harus sesuai.

Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam membuat naskah iklan radiao, yaitu:
  1. Perlu dipertimbangkan skenario iklan
  2. Perlu memperhatikan dialog
  3. Perlu memperhatikan monolog yang tepat
  4. Musik yang pas dengan topik iklan
  5. Perlu adanya efek suara yang sesuai
  6. Musik dan efek suara diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario

Contoh paparan iklan radio

Iklan Obat Nyamuk
Efek Suara: (Suara Nyamuk)
Anak laki-laki: Ma kok banyak nyamuk ini di kamar
Mama: Wah iya dek, nyamuknya banyak banget ini. Tapi tenang, mama punya antinya
Efek suara: (suara semprotan nyamuk)
Anak laki-laki: Wah nyamuknya pada mati semua, adek bisa tidur dengan nyaman ini.
Mama: Anti nyamuk Segar Wangi memang jagonya obat nyamuk, sejak kecil dulu keluarga kita sudah memakai obat nyamuk ini, bisa mengusir nyamuk, langsung semprot, langsung mati nyamuknya.
Musik: musik Piano dan gitar dengan nuansa ceria up in down.
Narasi: Segera gunakan segar wangi, nyamuk di lingkungan anda akan mati dalam sekejap
Berdasarkan contoh paparan radio di atas, dapat disimpulkan bahwa iklan tersebut berisi mengajak khalayak untuk memakai prodak yang diiklankan, yaitu produk segar wangi, pembunuh nyamuk dalam sekejap.

Contoh iklan radio yang sudah jadi:

Contoh 1



Contoh 2


Contoh 3


Paparan Iklan Melalui Televisi

Iklan televisi biasanya pembuatannya diawali dengan rancangan terlebih dahulu, rancangan ini berbentuk skrip dan paparan cerita. Setelah rancangan tersebut jadi dan di setujui oleh pengiklan barulah dibuat di rumah produksi berikut contoh paparan iklan melalui televisi.


Dari gambar paparan iklan televisi di atas kamu dapat melihat bahwa yang akan diprosuksi merupakan iklan permen segar. Lebih jelasnya isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut kita segar hanya dengan permen karet dengan nama produk planet segar, mulut kalian akan terasa segar seperti orang yang telah menggosok gigi.

Contoh Iklan Televisi langsung Jadi

Contoh 1


Contoh 2


Contoh 3

Paparan Iklan Melalui Internet

Perhatikan di blog Cak Mustop ini, bila di situ ada gambar-gambar sebuah produk, maka itu merupakan iklan internet berjenis banner. Contoh lain bisa kalian lihat banner iklan di bawah ini:


Iklan internet jenis banner merupakan iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada halaman web, blog atau situs. Seperti di blog ini.

Contoh iklan yang di tunjukan olah gambar di atas merupakan iklan yang menawarkan produk makanan, produk makanan yang di tawarkan merupakan iklan mie instan bermerek Yumie mie. Gambar di laki-laki di atas menunjukan bahwa mie instan ini bisa dinikmati saat santai atau pas istirahat. Yu Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana kalian akan semakin hangat bila di temani oleh Yu Mie ini.

Contoh iklan internet lainnya

Contoh 1


Contoh 2


Contoh 3





Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top