--> Diskusi Mengenai Penggunaan Wajar (Fair Use Youtube), Sampai Batas Mana di Bolehkan?
Home Artikel

Dalam sebuah forum, saya lempar satu pertanyaan


"Vidoe dari beberapa akun youtube atau beberapa sumber yang memiliki hak cipta.  Kita potong-potong menjadi durasi pendek (5 detik kebawah), kemudian kita bikin video baru. Apakah itu termasuk reupload?

Pertanyaan itu sebenarnya memancing beberapa penghuni forum berpikir kembali tekait istilah "reupload". karena istiah tersebut tidak asing lagi bagi para youtuber.

Jawaban dari Beberapa Penghuni

Penghuni 1

Fair use, asal menciptakan makna yang berbeda dengan video yang di ambil

Saya

Memang kenapa kalau maknanya sama?

Penghuni 2

Itu namanya maling

Penghuni 3

Youtuber kok reupload kagak bisa mikir gak usah jadi youtuber

Penghuni 4

Kalau dibawah 10 detik dan diberi narasi yang unik tidak apa-apa, karena masih sesuai aturan

Penghuni 5

cobalah berfikir kereatif bung. meskipun video kamu potong-potong itu tetap video orang.

Penghuni 6

Fix reupload youtube bakal ditolak. tapi tunggu dulu, kalau video yang di reupload dalam kondisi (Fair Use) dan di edit (tambah efek, komentar, atau narasi) sehingga jadi video baru... kemungkinan besar diterima youtube dengan baik.

Penghuni 7

Yang namanya reupload itu mengambil bahan/ sumber/ materi dari orang lain, mau dipotong-potong tetap saja namanya reupload, karena kenapa? gambar juga punya hak cipta apalagi video, sampai disini mana yang tidak dimengerti.

Penghuni 8

Tidak reupload itu bang. karena hal tersebut menciptakan video baru

Penghuni 9

Maksimal 10 detik kebawah kalo lebih termasuk reupload. Saya upload amv anime memakai proses seperti itu di diskripsinya aman-aman saja, dan musik dari NCS

Inti yang Bisa di Ambil dari Pembicaraan di Atas

Saya belajar dari beberapa jawaban di atas. Ada beberapa orang memang tidak suka dengan tindakan copy video kemudian di potong potong untuk membuat video baru

Ada juga yang membolehkan ambil video dari orang lain dan kemudian ia potong-potong menjadi video dan ditambah atribut-atribut yang menjadikan video tersebut benar-benar terlihat baru.

Namun dari semua jawaban di atas mereka sepakat, video yang di upload ulang apabila tidak melanggar fair use youtube. maka hal itu diperbolehkan.

Bagaiman kita bisa mengetahui bahwa video yang kita upload sesui dengan fair use youtube?, untuk mengetahui jawabannya kalian bisa baca peraturan penggunaan yang wajar ini.

poin yang disampaikan oleh peraturan youtube tersebut bahwa pengambilan potongan video untuk menampilkan makna atau pesan yangn baru diperbolekan. Point inilah yang bisa kita buat pegangan. Bila video yang dibuat dari potongan video dari pihak lain memiliki makna baru maka diperbolehkan.

Bagaimana makananya masih samar-samar? kalau kasusnya samar-samar mending kalian hindari hal seperti ini.

Kesimpulan

Bila kalian ingin bermitra dengan youtube lama maka buatlah konten yang sesuai dengan pedoman youtube.

Semoga artikel terkait Diskusi Mengenai Penggunaan Wajar (Fair Use Youtube), Sampai Batas Mana di Bolehkan? ini ada manfaatnya.



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top