--> Analisis, Masih Menguntungkan Kah Ngeblog di Tahun 2019?
Home Blog

Pernahkah kalian berfikir kira-kira bila hari ini kita buat blog kemudian tujuan dari ngeblog adalah untuk mendapatkan keuntungan? Apakah masih bisa dimulai pada tahun 2019 ini?

Dulu sebelum saya memutuskan untuk membuat blog Cak Mustop ini saya pernah ragu, kira-kira apa bisa ya menghasilkan uang dari Ngeblog ini. Namun karena tujuan awal saya ngeblog adalah melatih menulis, keuntungan berupa uang itu saya indahkan dan motivasi saat ini untuk ngeblog adalah belajar.


Namun Masih Menguntungkan Kah Ngeblog di Tahun 2019?

Bila kita mengacu pada uang yang di hasilkan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, kita harus mengaca  pada beberapa stetmen para pemblogger pemula, yang mana hal ini bisa kita lakukan dengan cara bertanya langsung kepada pemilik blog yang baru buat di tahun ini.

Saya ngeblog bertujuan untuk belajar tidak hanya sekedar menulis, tapi coba mengetahui hal-hal yang baru. Karena itu saya akhirnya memutuskan masuk fanpage yang didalamnya banyak orang membicarakan adsense dan blog, serta membaca beberapa artikel tentang blog dan adsense dari blog nich internet marketing.


Dari hasil saya membaca setiap update fanpage tersebut saya dapati bahwa pemula di tahun ini kebanyakan pendapatannya sangat sedikit. Hal ini bisa kita simpulkan bahwa ngeblog di tahun ini pastinya lebih susah untuk dapetin uang dari adsense.


Selain itu saya belajar dari salah satu mastah pemblogger sukses, yaitu Mas Sugeng, di dalam fanpage beliau pernah berkata menulis bahwa grafik pembayaran adsense dari blognya tiap tahun menurun, tidak seperti awal mula ia bergelut pertama kali dulu.

Dan menurut kilik mania dengan beberapa alasannya menyarankan untuk berhenti mengharapkan pendapatan dari adsense, kalian bisa baca langsung di sini https://www.klikmania.net/penghasilan-adsense/.

Alasannya apa?

Ada beberapa kemungkinan mengapa pendapatan adsense sekarang seret atau turun tajam dibanding dulu.

Pertama, Karena trafik peminat pembaca blog hari ini terus menurun, kebanyakan berpindah ke youtube. Inilah mungkin salah satu penyebab mengapa visitor sulit untuk naik.


Kedua, Semakin banyak pengguna blog. Jadi biaya dari si penggaji yaitu google di bagikan ke banyak pengguna blog, wal hasil semakin sedikit pendapatan yang kita dapat.

Ketiga, Muncul Platform adsense yang lain yaitu youtube dan admob (aplikasi android). Kita tahu bahwa hari ini trand pengguna youtube dan aplikasi mobile semakin banyak.


Dari alasan tersebut bisa di bayangkan hari ini ngeblog sangat susah bila diandalkan buat dapetin uang.

Kalau Memang Tak Bisa Di andalkan Tapi Kok Cak Mustop Masih Rajin Nulis?

Hehe… kalau ini sih, kan sudah saya jelaskan di atas bahwa motivasi saya ngeblog adalah untuk belajar, rasa penasaran gimana sih cara bisa buat dapatin trafik sampai 10.000 per hari? Mungkinkah itu terjadi? Bila kita rajin menulis dengan tulisan kita sendiri di blog, apa yang bakalan terjadi nanti? Termotivasi juga buat nulis samapai 1000 artikel dan kalau sudah mencapai 1000 pengan lebih yaitu nulis artikel sampai 10.000 artikel, dan kalau rajin nulis terus sampai kira-kira 3 atau 5 tahun mendatang, apa yang terjadi pada adsense Cak Mustop?.


Nah target yang jangka panjang itulah yang memotivasi saya buat mengelola website ini, Jujur ya sudah 4 bulan ini pendapatan adsense saya perhari masih 100 rupiah sampai 2000 rupiah, dan total saldo yang di dapat cuman 60 ribu rupiah. Dan artikelnya juga masih 85 an, masih jauh dari target tujuan.

Kalau Kalian Serius Inging Ngeblog, Ada Beberapa Tips Nih dari Cak Mustop

Untuk memberi kalian semangat ada kok pada hari ini yang bener-bener sukses dalam ngeblog, sehari pernah dapat penghasilan 6 juta walau blognya gado-gado, artinya isi konten campuran. Beliau adalah Mas Timon. Kalian bisa cek blognya di mastimon.com.

Mas Timon juga masih aktif memberi semangat dan tips-tips bagi para pemblogger di facebooknya. Selain bergelut dengan blog, di tahun ini beliau juga mulai bergelut untuk mulai barmain youtube dengan topik blog.


Dari blognya panduanim.com juga pernah memberi wawasan kita bahwa masih mungkin menjadi sukses dari ngeblog ini, bacalah lebih detai tentang artikel beliau yang ini http://panduanim.com/uang-dari-blog/. Didalam artikel tersebut di jelaskan bahwa ada kemungkinan kita bisa mencapai gaji dari blog ratusan juta. Blog panduanim.com menyediakan artikel yang sangat berguna bagi para pemblogger pemula, banyak pelajarana yang dapat di ambil dari blog ini. Saya sarankan kalian yang serius ingin ngeblog di tahun 2019 ini untuk membaca artikel-artikel dari beliau.

Tips-Tips dari Cak Mustop

Pertama, jangan memulai ngeblog dengan tujuan untuk mendapatkan uang secara instan. Mulailah dari keinginan untuk belajar. Entah itu belajar ngetik, belajar cara membuat tulisan yang banyak di minati oleh banyak orang. Belajar SEO, dan belajar yang lainnya. Karena dengan belajar tersebut itu kita tidak menjadi cepat bosan dan menjadi cepat menyerah.

Kedua, Rajinlah menulis, sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ngeblog dengan rajin menulis setiap hari akan dilihat baik dimata google.

Ketiga, Belajarlah menulis yang mendalam dan enak dibaca. Bila kalian tidak ingin setiap hari menulis, belajar menulis SEO ini bisa jadi dapat membuat blog kalian kebanjiran pengunjung, karena artikelnya banyak di cari orang.

Keempat, Bekerja keras dan jangan putus asa, jangan mengharapkan hasil yang instan karena itu tidak baik.

Oke, sekian dulu dari Cak Mustop tentang artikel Analisis, Masih Menguntugkan Kah Ngeblog di Tahun 2019? Ini. Semoga dapat menambah wawasan kalian soal ngeblog. Jangan lupa untuk berkomentar jika ada hal yang ingin di diskusikan.



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top