--> Olahraga Kataw, Upacara Sai Bat, Negara Seribu Pagoda Berasal dari Negara?
Home Umum

CakMustop- kali ini saya ingin berbagi informasi penting bagi anak-anak SD kelas 6.

Saat saya menemani adek saya belajar dengan buku paketnya, ada soal yang di suruh menyebutkan negara asal dari sebuah kebudayaan.


Hari ini dengan memanfaatkan teknologi informasi pasti gampang mencari beberapa kebudayaan di atas, tapi tahukah kalian, ada beberapa olah yang membingungkan dan sulit di cari.

Misalkan saja tulis olahraga kataw di google pencarian, sedikit sekali yang membahas soal olahraga ini, atau bahkan tidak ada, di urutan pertama. Padahal olah raga ini sangat terkenal di suatu negera.

Maka dari itu di blog Cak Mustop ini saya ingin berbagi informasi dari 10 soal yaitu disuruh mencari asal negara dari kebudayaan Tari Tinikling, Kampung Anyer, Tari Apsara, Patung Merlion, Olahraga Kataw, Tari Gambyong, Cerita Ramakien, Upacara Sai Bat, Baju Khas "Ao Dai", Negara Seribu Pagoda.

Pastinya informasi tersebut diperoleh dari buku tematik kelas 6

10 Informasi Itu ...

1. Tari Tinikling

Tari tinikling merupakan tarian yang berasal dari Negara Filipina, tari ini mengandung cerita perjuangna burung tanikling menghindari jebakan-jebakan dari bambu para petani.

2. Kampung Anyer

Kampung Anyer berasal dari Negara Brunei Darussalam, yang unik dari kampung ini adalah ia berada mengapung diatas permukaan air, Umurnya juga sudah bisa dibilang tua, karena pada tahun 1400 kampung ini sempat menjadi pusat pemerintahan.

3. Tari Apsara

Tari Apsara berasal dari Negara Kamboja, bisa dibilang tari ini umurnya sudah sangat tua, karena diperkirakan tari apsara lahir pada tahun 2000 tahun yang lalu.

4. Patung Merlion

Siapa yang pernah jalan-jalan ke singapura?, pasti tidak asing dengan patung yang satu ini, ya Patung Merlion berasal dari Negara Singapura. Patung ini menjadi icon terkenal dari negara ini, patung singa laut yang dari mulutnya menyemburkan air, banyak masyarakat sekitar dengan berjalan kaki menuju tempat ini.

5. Olahraga Kataw

Olahraga kataw merupakan olahraga tradisional yang berasal dari Negara Laos. Olah raga ini mirip dengan permainan voli, cuman cara bermainnya tidak menggunkan tangan namun menggunakan kaki dan bolanya terbuat dari anyaman bambu, bisa dibilang olahraga kataw itu adalah olah raga yang dikenal dengan nama katraw.

6. Tari Gambyong

Tari gambyong berasal dari Negara Indonesia, tarian ini merupakan tarian klasik dari Jawa, tepatnya dari daerah Surakarta. Tarian ini biasanya digunakan untuk menyambut tamu spesial, misalkan bila Pak Presiden kita berkunjung ke daerah surakarta ini bisa disambut dengan tarian ini.

7. Cerita Ramakien

Cerita Ramakien berasal dari Negara Thailand, Cerita ini sudah menjadi icon cerita nasional dari masyarakat Thailand. Cerita Ramakien ini sendiri merupakan cerita yang di adobsi dari cerita ramayana dari India.

8. Upacara Sai Bat

Upacara Sai Bat berasal dari Negara Laos, Upacara ini dilakukan oleh biksu kecil yang berkeliling ke desa untuk menerima sedekah dari masyarakat sekitar.

9. Baju Kas Ao Dai

Baju Khas ini berasal dari negara Negara Vietnam, baju ini di desain panjang, yaitu menutupi tubuh dari atas sampai bawah.

10. Negara Seribu Pagoda

Negara Seribu Pagoda berasal dari Negara Myanmar, alasan negara ini dinobatkan sebagai negara seribu pagoda karena bila kalian berkunjung ke negara ini, pastinya tidak akan mudah mencari kuli-kuil suci budha.

Oke, sekian dulu, semoga artikel ini bisa membantu.



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top