--> Cara Backup Blogger Untuk Menyimpan Data Keseluruhan
Home Blog

Pernahkah kalian terbesit untuk menyimpan file blogger kalian?, mungkin ada yang pernah dan ada yang belum atau bahkan sudah melakukan menyimpan keseluruhan isi blog.

Alasan Kenapa Kita Perlu Membackup Konten Blogger

Masalah membackup blog ini memang tidak terlalu penting untuk di pikirkan di dalam mengembangkan sebuah blog. Karena pastinya bagi para pemblogger yang terpenting adalah membuat artikel sebanyak-banyaknya atau artikel yang di cari.

Namun membackup blogger ini saya rasa juga sangat penting. Apa alasannya kok bisa menjadi penting begitu?, ya ini masalah keamanan blogger kita. Karena kita tidak tahu kedepannya kondisi blog kita akan aman-aman saja atau tidak. Tangan-tangan hacker yang jail siapa tahu bakal sampai ke blogger kita dan kemudian bisa saja ia menghapus semua konten yang ada.


Mungkin kalau artikelnya dibawah lima puluh tidak jadi mengapa. Tapi kalau di blogger kita terdapat artikel yang ratusan bahkan ribuan dan itu nulisnya adalah hasil kerja keras kita selama bertahun-tahun. Pastinya sangat kesal banget.

Nah dengan alasan keamanan tersebut rutin membackup konten blogger sangatlah penting. Di blogger ada dua unsur yang perlu di backup yaitu konten blog dan tamplate.

Cara Membackup Konten Blogger

Tidak susah kok untuk membackup konten blogger ini. Kita cuman perlu masuk ke dashbor kemudian cari menu backup konten tersebut, lebih jelasnya simak caranya sebagai berikut:

Masuk ke dashbor blog kemudian klik menu setelan, klik menu lainnya, kemudian klik menu backup konten.


Setelah di backup kalian bisa menyimpannya di komputer atau di google drive. Bagi yang serius mengurusi blognya saran Cak Mustop supaya selalu membuckup sebulan sekali.

Cara Membackup Template Blogger

Caranya mudah, tinggal masuk ke dashbor blog dan pergi ke menu tema kemudian pilih menu edit HTML 


Kemudian ctrl+A (copy semua skrip) pindahkan ke notepad dan save. file skrip tema tersebut bisa kalain simpan di komputer atau di google drive.

Oke, sekian dulu artikel mengenai Cara Backup Blogger Untuk Menyimpan Data Keseluruhan ini semoga artiklel ini bermanfaat, dan bila ada yang perlu didiskusikan silahkan tulis di kolom komentar ya.


Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top