--> Ocehan Saya Terkait Buku Tematik ...
Home Gagasan


Jadi saya ini mau nulis soal kebijan pendidikan anak SD. fokus saja ya ke buku tematik.

Buku tematik bagi saya merupakan buku penurunan.

Loh kok bisa bos!, bukannya buku tematik itu bikinan mentri bikinan orang-orang get di dunia pemerintah sana?.

Iya memang buku itu bikinan mentri pendidikan kala itu, namun ya saya berhak dong menyampaikan aspirasi. atau menyampaikan keluhan soal buku tematik tersebut.

Buku tematik itu mencampur adukan semua pelajaran, dari matematika, ipa, ppkn, bahasa indonesia dalam suatu tematik.

Kalau memang tujuannya bikin nyambung si siswa buat belajar, jadi bisa nyambungain antara teori ini dengan cerita ini, jadi ada sangkut pautnya antara pelajaran IPA denga Bahasa Indonesia, Matematika dengan IPA dan seterusnya, ya soal pas ujiannya jangan disamaain dong dengan kurikulum sebelum buku tematik itu di luncurkan.

Intinya gini aja deh. buku-buku dulu itu lebih mumpuni ketimbang buku tematik ini, dimana lebih ringkas dan lebih praktis untuk menghadapi ujian yang begitu menguras si siswa buat paham dan hafal.

Belum lagi kebingunan para pengajar, nah itu si guru kan pasti harus buat janjian dulu sama sesama guru. Kamu tematik hal ini sampai hal ini, aku bagian hal ini, dan itu membuat ribet.

Juga informasi dalam buku temaitik juga tak selengkap buku-buku misalkan buku IPA, atau Matematika, atau Bahasa Indonesia jaman dulu, kurikulum sebelum kurikulum 2013.

Dan kiranya saya dapat bisikan dari ibu si murid. itulo mas sekolah yang bergengsi gak pakai tu buku tematik lagi, ia lebih suka kembali ke buku-buku buku lama.

Ya pantesan kalau sekolah favorit pakai buku-buku lama, pastinya pengajar sudah tau dong penyampaian yang lebih efektif yang mana.

dengan mengaju buku-buku yang lama murid akan belajar lebih efektif, informasi penting yang diserap lebih banyak, dan lebih mudah belarnya ketimbang menggunakan bukun tematik yang sianunya harus cari cari dulu.

Misalkan saja besok mau ualangan bahasa indonesia, kan ya harus memilah-milah dulu di buku tematikm guna membedakan mana materi B. Indonesia, mana yang materi IPA.

Pokoknya masih enakan guanain buku sebelum kurikulum 2013. khusus bagi tematik anak SD.



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top