--> Unsur-Unsur yang Harus Ada dalam Iklan (Materi Tematik Untuk Kelas 5 SD)
Home Umum

CakMustop- Setiap materi pembelajaran pasti disampaikan berbeda secara porsinya, tergantung untuk siapa materi itu diberikan, pembahasan iklan anak SD pastinya berbeda dengan anak SMA.

Begitu juga dengan unsur apa saja yang ada dalam iklan. Biasanya ada soal terkait materi iklan untuk kelas 5 SD, misalkan seperti ini:

Sebutkan unsur-unsur yang harus ada di dalam iklan!

Nah tentu untuk menjawab pertanyaan tersebut kalian harus membuka buku tematik kan, tidak boleh langsung asal comot informasi yang ada di internet, kali ini Cak Mustop ingin berbagi informasi terkait unsur-unsur iklan sesuai dengan materi temaik kelas 5 SD

Unsur-Unsur yang Harus Ada dalam Iklan

Di dalam buku tematik kelas 5 SD ada tujuh unsur yang terdapat dalam iklan, yaitu

1. Nama Produk

Nama produk ini terkait dengan nama barang yang akan di iklankan, misalkan Aqua, Rinso, dan Gojek

2. Gambar yang Menarik

Unsur iklan ke dua ialah gambar yang menarik, hampir dipastikan semua pengiklanan pasti menggunakan desain gambar yang menarik agar banyak masyarakat tertarik.

Contoh:

salamadian.com

3. Kalimat Iklan

hampir setiap iklan selalu ditampilkan kalimat iklan yang menarik, misalkan saja contoh iklan floridian diatas "Oranga No. 1 Di Dunia Florida Orange".

4. Keunggulan Produk

Unsur iklan lain yang harus ada adalah menampilkan keunggulan produk, diharapkan dengan menampilkan keunggulan tersebut banyak orang tertarik untuk membeli barang yang di iklan kan tersebut, misalkan saja iklan minuman dengan disebutkan keunggulan dari segi kesehatan dan kemasan yang simple mudah dibawa.

5. Harga Produk

Tak lupa, di dalam iklan biasanya ditampilkan harga dari produk yang di jual dan ini termasuk unsur-unsur yang harus ada dalam iklan.

6. Nomer Telepon

Nomor telepon juga harus ada supaya bila ada yang minat ingin membeli produk yang diiklankan mudah menghubungi. Bisa juga menggunakan e-mail atau media komunikasi lain.

7. Alamat Iklan

Terakhir Unsur yang harus ada adalah alamat pengiklan, fungsi menyertakan alamat iklan ini adalah supaya khalayak yang tertarik dengan produk yang diiklankan sewaktu-waktu bisa datang untuk membeli.

Itu tadi merupakan 7 unsur yang harus ada dalam iklan versi anak SD kelas 5 di buku tematik.

Bonus Tambahan Informasi Cukup Penting Juga

Karena iklan harus menarik dimata khalayak, di buku tematik pun juga dijelaskan bahwa iklan memiliki 4 ciri bahasa, yaitu:

1. Menggunakan bahasa singkat, padat dan jelas

Dengan bahasa singkat, padat dan jelas orang tidak perlu bertele-tele membaca dan memahaminya, diharapkan dengan sekali melihat khlayak langsung paham dengan kata atau bahasa yang digunakan tersebut.

2. Menggunakan bahasa memikat dan memiliki daya sugesti

Ini penting, kalimat yang digunakan dalam iklan semakin memikat atau memiliki daya sugesti besar pastinya orang akan semain tertarik dan akan memusatkan perhatian ke iklan tersebut

3. Menggunakan kata konotasi positif

konotasi bisa diartikan kiasan, jadi dalam pembuatan iklan harus dipilih kata-kata yang mengandung makna positif teradap produk yang akan di iklankan.

4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik

Artinya bahasa yang digunakan harus mengandung kata-kata yang jujur sesuai apa adanya produk yang di iklankan, bila berkata bohong atau tidak sesuai dengan keadaan produk yang diiklankan itu tidak baik untuk kelangsungan dari produk yang di iklan kan.

Sekian dulu, semoga artikel Unsur-Unsur yang Harus Ada dalam Iklan (Materi Tematik Untuk Kelas 5 SD) bisa bermanfaat.



Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top